LINK SAHABAT

Blogger news

About

Selasa, 12 Januari 2016

Fungsi Ginjal Secara Normal

Fungsi ginjal secara normal adalah menyaring dan juga membersihkan darah, bagian ini disebut nefron. Ginjal juga merupakan sebuah bagian tubuh yang berada pada sistem ekskresi pada manusia. Ginjal dalam tubuh normalnya dua atau sepasang. Total berat rata - rata ginjal pada tubuh manuasia sekitar 10 cm dan memiliki berat kurang lebih 200 gr.

FUNGSI GINJAL SECARA NORMAL

Ada banyak fungsi ginjal yang perlu kita ketahui


Fungsi ginjal lainnya adalah membersihkan sisa penyaringan darah yang dikenal sebagai urine atau air kencing. Nah berikut ini merupakan fungsi ginjal secara normal pada tubuh manusia :


1. Mengatur sirkulasi serta volume darah dalam tubuh
Di dalam darah telarut cairan yang memiliki volume yang selalu sama, tanpa adanya peranan ginjal maka volumenya bisa berkurang atau lebih. Bahayanya adalah tubuh bisa menjadi kekurangan cairan (dehidrasi) atau kelebihan cairan tubuh akibat tidak bisa terbuang oleh ginjal.

2. Menjaga kandungan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh lewat darah
Zat atau kandungan nutrisi yang masuk di dalam tubuh akan melalui nefron bersamaan dengan darah, kemudian akan dialirkan kembali. 

3. Menjaga keseimbangan kandungan dalam darah
Fungsi ginjal lainnya adalah mengatur kandungan yang masuk dalam darah, contohnya saja, jika terdapat kandungan garam yang berlebih dalam darah maka ginjal akan menormalkannya. Sifat garam yang cenderung mengikat air dan jika gula darah meningkat maka akan terjadi penumpukan cairan di dalam darah yang mengakibatkan wajah, tangan dan kaki akan mengalami pembengkakan.

Selain itu tugas jantung juga akan diperberat akibat harus memompa telalu keras karena adanya sumbatan akibat cairan di dalam darah. Jika fungsi ginjal normal maka kandungan garam tersebut akan dilepaskan sehingga kadar garamnya menjadi seimbang kembali. Selain garam, kandungan seperti kalsium dan lain sebagainya juga sama, jika kurang maka ginjal akan menyerap dari makanan dan minuman yang kita konsumsi, dan jika berlebih akan dibuang oleh ginjal.

4. Mengatur tingkat keasaman darah (pH)
Ginjal yang kita kenal juga berperan dalam pengaturan tingkat keasaman darah.

5. Penghasil hormon eritroprotein
Fungsi hormon eritroprotein adalah untuk merangsang pembentukan sel darah merah oleh sumsum yang ada di tulang.

Fungai ginjal secara normal, ginjal dapat menyaring darah sekitar 1.500 liter sehari. Dari fungsi ginjal diatas sudah disebutkan bahwa tugas ginjal adalah mengatur segala yang masuk serta yang dibuang melalui alat kel*min. Anda tau apa saja zat yang dibuang melalui ginjal...? Ada kandungan urea, amonia serta air yang kita sebut urine.

Dalam sehari kurang lebih ginjal melepaskan urine sebanyak 1,5 liter. Nah, dalam urine terdapat beberapa kandungan seperti yang sudah disebut diatas, yakni ada :

a. Urea
Urea merupakan protein yang sama sekali tidak diperlukan oleh darah yang diproduksi oleh organ hati kita. Dalam urea terdapat kandungan seperti nitrogen yang beracun jika tersimpan di dalam tubuh, makanya harus dibuang (ekskresi).

b. Amonia
Amonia sendiri merupakan bentuk lain dari protein yang berbahaya bagi tubuh, sehingga dibuang oleh tubuh melalui proses ekskresi.

c. Air
Air berperanan penting dalam kehidupan mahluk tak terkecuali manusia, namun jika jumlahnya terlalu banyak maka sudah seharusnya dibuang agar tidak mempengaruhi tingkat konsentrasi darah menjadi tidak konstan. Proses ini sering disebut osmoregulasi.

“Jika fungsi ginjal sudah mulai bermasalah maka masalah akan bermunculan, diartikel selanjutnya akan kami coba bahas mengenai GEJALA FUNGSI GINJAL MENURUN, dan kami ucapkan terimakasih atas waktunya karena sudah mau membaca artikel kami yang berjudul FUNGSI GINJAL SECARA NORMAL.

Jika ada masalah mengenai kesehatan organ ginjal, kami memiliki sebuah produk kesehatan yang memang bagus untuk mengatasi masalah ginjal yang bermasalah, silahkan klik disini!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar